PRAJURIT KOREM 052 / WIJAYAKRAMA "BEKERJA DAN BERJUANG BERSAMA RAKYAT" *** PROFESIONAL, SOLID BERSINERGI DAN MANUNGGAL DENGAN RAKYAT.

Indeks Berita » Detail Berita

ANGGOTA KOREM 052/WKR HADIRI PERINGATAN HARI AIDS SEDUNIA DI RS DAAN MOGOT

Selasa, 06 Desember 2016

Tangerang , Anggota Makorem 052/Wkr menghadiri Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember pada setiap tahunnya, dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV, peringatan ini di laksanakan di RS DAAN MOGOT Tangwrang jln Daan Mogot No.59 kel. Sukarasa Kec. Tangerang Selasa, (06/12/16)

 

Acara ini merupakan program Kodam Jaya dalam memperingati Hari HIV AIDS SEDUNIA yang dilaksanakan secara serentak diseluruh jajaran Kodam Jaya pada hari Selasa 06 Desember 2016, Karumkit RS DAAN MOGOT Dr. Ade Kartika Sp PD.MARS Menyambut baik Program ini yang merupakan kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Tangerang khususnya KPA ( komisi penanggulangan AIDS) dan PT Gajah Tunggal Tbk, dalam sambutan singkatnya Karumkit RS DAAN MOGOT menyampaikan perlu kita ketahui bahwa Konsep ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu, mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia, mari kita wujudkan Indonesia sehat melalui program ini Jauhkan Narkoba dan sex bebas dilingkungan kita, ucapnya.

 

Hadir Dalam Acara ini Kepala KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Kota Tangerang Bapak H. Ibrahim dan perwakilan Anggota TNI dari 

Korem 052/Wkr, Kodim 0506/Tgr, Yonkav 9/SDK, Yon Mekanis 203/AK, Yon Arhanud 1/Kostrad, Rudal 003, Denpom Jaya 1 yang berjumlah 150 orang anggota 

 

Dalam penyuluhan yang disampaikan oleh ibu Nourma Herlina SKM dari dinas kesehatan kota Tangerang menjelaskan, apa itu  HIV AIDS ? HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah suatu virus yang menyebabkan rusaknya atau melemahnya sistem kekebalan tubuh manusia, virus ini bersemayam dalam cairan tubuh manusia seperti, darah, asi, cairan sperma dan vagina. Saat manusia kena virus HIV dalam waktu 5 sampai 10 tahun pasien biasa-biasa saja tampak sehat walafiat tetapi pada masa ini pasien sebenarnya sudah sakit dan sudah bisa menularkan virus kepada orang lain.

 

“Kemudian apa itu AIDS ? AIDS adalah (Acquired Immune Deficiency Syndrome) suatu kumpulan berbagai gejala dan infeksi sebagai akibat hilangnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh infeksi HIV. Pasien pengidap AIDS sangat sensitif tertular oleh berbagai macam penyakit, karena sistem kekebalan di dalam tubuhnya telah menurun. Sampai sekarang belum ada obat yang dapat menyembuhkan virus AIDS, sehingga berdasarkan data hampiir semua penderita akan meninggal dalam waktu 2 tahun setelah di nyatakan pasien terjangkit AIDS,”ucapnya .

 

Menurut ibu Nourma Herlina SKM , penyakit HIV AIDS ini dapat ditularkan hanya melalui, hubungan sex (anal, oral dan vaginal) dengan orang pengidap penyakit HIV, melalui transfusi darah dan penggunaan jarum suntik secara gentian atau melalui ibu kepada anak saat dalam kandungan maupun proses bersalin dan HIV tidak ditularkan melalui jabat tangan, bersentuhan,ciuman, pelukan, menggunakan peralatan makan/minum yang sama, gigitan nyamuk ataupun tinggal serumah.

 

“Jadi kita tidak perlu kawatir dan takut, penyakit ini bisa ditangkal atau di cegah dengan cara, jangan melakukan hubungan sex dengan orang yang mengidap virus HIV. Memiliki cinta kasih yang tulus kepada pasangannya dan tidak berpaling kepada wanita/pria lain, tidak berganti ganti pasangan. Jika butuh transfusi darah, mintalah kepastian bahwa darah yang diterima bebas dari virus HIV,”ujarnya.

A A A